Breaking News

Sediakan Bekal Jurnalistik untuk Siswa, Man 1 Mataram Gelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) di Aula MAN 1 Mataram, Selasa 1 Oktober 2024. (ErakiniNews/ Sarah).
ErakiniNews | Mataram - Ekstrakurikuler Jurnalistik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Mataram, menggelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) dengan tema Jurnalisme Inklusif: Memahami Pentingnya Representasi yang Adil dalam Pemberitaan.

Kegiatan ini, dihadiri oleh 41 orang siswa-siswi MAN 1 Mataram. Selasa, (1/10) di Aula MAN 1 Mataram. 

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar ini akan dilaksanakan selama 1-2 Oktober 2024. Dalam pelaksanaannya PJTD di Man 1 Mataram ini mengundang beberapa narasumber sekaligus praktisi dari beberapa media. Tujuannya, narasumber dapat memberi bekal pengetahuan seputar Jurnalistik, kepada siswa-siswi Man 1 Mataram. 

Kepala Sekolah Man 1 Mataram, Dr. H. Lalu Sirajul Hadi, S.Ag., M.Pd. mengatakan, "Siswa-siswi Man 1 Mataram, khususnya yang tergabung dalam ekstrakurikuler Jurnalistik, harus peka dan pandai mengolah infomasi dengan diiringi dengan rasa tanggung jawab," ucapnya. 

Para siswa-siswi diharapkan mendapat bekal pengetahuan Jurnalistik, setelah diberi materi mengenai pengetahuan dasar di bidang Jurnalistik. "Siswa-siswi dapat bekal untuk menciptakan berita yang bersifat positif di lingkup Madrasah maupun luar Madrasah dan mengimbangi pemberitaan yang negatif," lanjut Kepala Sekolah Man 1 Mataram. 

Senada dengan hal ini, Pembimbing Ekstrakurikuler Jurnalistik Man 1 Mataram, Danu Saputra, S.S mengungkap, pelaksanaan PJTD ini sudah menjadi kegiatan tahunan. "Teknik penulisan berita, peliputan berita dan materi yang berbeda-beda di setiap tahunnya. InsyaAllah akan tetap dilanjutkan di tahun-tahun selanjutnya," paparnya. 

Pada hari pertama pelaksanaan PJTD ini, disampaikan materi mengenai Kode Etik dan Tanggung Jawab Sosial Jurnalis. 

Pemateri Kode Etik Jurnalistik dan Tanggung Jawab Sosial Jurnalistik, Harikasidi, memaparkan, "Kode etik bertujuan untuk membentuk tanggung jawab wartawan, agar bersikap profesional selama proses peliputan berita," ungkap Hari. 

Lebih lanjut, ia memaparkan mengenai  Pasal-pasal dalam Kode etik jurnalis, tanggung jawab sosial yang harus diemban wartawan serta  pengimplementasian kode etik tersebut dalam kegiatan peliputan berita.

(Sarah)

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close