Breaking News

Jelang Pilkada, PKKMB UNW Mataram Gelar Kuliah Kebangsaan dan Hadirkan Lalu Iqbal

ErakiniNews. Mataram, 12 September 2024 - Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tidak hanya terfokus pada kehidupan kampus dan dunia perkuliahan saja.

Universitas Nahdlatul Wathan Mataram  misalnya, dalam PKKMB 2024 memberikan edukasi kebangsaan untuk menambah wawasan kebangsaan pada mahasiswa barunya sebagai bekal menjadi warga negara  yang baik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Edukasi tersebut dilaksanakan dengan menghadirkan Bakal Calon Gubernur NTB Lalu Muhammad Iqbal pada acara Kuliah Kebangsaan di kampus UNW Mataram pada Kamis (12/9/2024). 

Acara ini dihadiri oleh Rektor UNW Mataram, Prof. Dr. H. Agil Al Idrus, Anggota DPRD NTB, Lale Yaqutunnafis, S.Sos, perwakilan Yayasan dan seluruh civitas akademika UNW Mataram serta diikuti oleh lebih dari lima ratus mahasiswa barunya.

Rektor UNW Mataram memaparkan tujuan pelaksanaan Pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru, penting dilaksanakan agar mahasiswa baru mendapat gambaran dan wawasan tentang kehidupan dan nilai akademik di kampus.

"Kegiatan ini penting dilakukan, sehingga dari awal sudah dapat merencanakan waktu dan ruang untuk mempersiapkan diri mengikuti proses pembelajarannya dengan baik, efesien dan efektif", tutur Prof. Agil.

Proses pembelajaran yang akan diikuti nantinya akan diberikan oleh Dosen sesuai dengan bidang keilmuannya di 22 Program Studi pada 9 Fakultas di UNW Mataram.

Selanjutnya, Rektor UNW Mataram juga menjelaskan tujuan terkait digelarnya kuliah umum kebangsaan ini.

"Tujuannya, mahasiswa memiliki wawasan yg konprehensif, diberikan kuliah umum perdana dari akademisi dan praktisi. Salah satu Praktisi yang diundang adalah Dr. H.L.M.Iqbal karena kapasitas secara akademisi dan sekaligus praktisi, sehingga dengan kuliah umum ini diharapkan mahasiswa dapat memiliki wawasan dan pengalaman langsung menimba ilmu dan pengalaman untuk mencapai kesuksesan dari sumbernya secara langsung", jelas Prof. Agil.

Selain itu, Prof. Agil juga berpesan kepada seluruh mahasiswa baru agar terus semangat untuk mencapai kesuksesan dalam segala bidang.

"Kesuksesan dapat tercapai kalau mengembangkan potensi yang dimiliki secara optimal, belajar mengelola kelemahan dan kekurangan yang dimiliki dengan usaha yang maksimal dan dengan  tetap berdo'a untuk mendapat RidhoNya. Dengan wawasan itu mahasiswa dapat menjadi insan yanh berilmu, beriman dan bertaqwa, sehingga dapat menjadi insan yg sukses", pesan Prof. Agil.

Dalam kesempatan ini, Lalu Iqbal mengaku akan terus memperjuangkan dan meningkatkan sektor pendidikan di Provinsi NTB. 

Menurutnya, hanya sektor tersebut yang menjadikan sebuah daerah dikatakan maju.

"Iya itu prioritas (sektor pendidikan), kita tidak mungkin membangun sebuah bangsa tanpa membangun pendidikan, itu sangat super prioritas masalah pendidikan," ungkap Lalu Iqbal.

Lebih lanjut, Lalu Iqbal menyebutkan bahwa pembangunan pada sektor lain tergantung dari kualitas pendidikannya.

"Karena apapun sektor-sektor lain, kita bisa bangun tapi basisnya adalah pendidikan. Semua negara-negara yang maju memulai perubahan dan reformasinya di sektor pendidikan," tambahnya.

Lalu Iqbal kemudian melangsungkan pertemuan singkat dengan beberapa  perwakilan Yayasan dan pejabat kampus UNW Mataram usai mengisi kuliah umum.

Diharapkan kegiatan ini, selain sebagai giat edukasi kebangsaan, juga sebagai upaya dalam menjaga kondusifitas dan toleransi antar para pemilih, terutama pemilih pemula dalam memberikan kebebasan hak pilihnya, jelang pilkada serentak November 2024.

(Ria)







0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close