Breaking News

UNW Mataram Gandeng SMK Al Majidiyah NW Kesik Terapkan Pembelajaran Berbasis Wisata Pendidikan

Pembelajaran Berbasis Wisata Pendidikan (PBBWP) 
ErakiNinews | Lombok Timur, 12 Agustus 2024 - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Nahdlatul Wathan Mataram (UNW Mataram) bermitra dengan SMK Al Majidiyah NW Kesik untuk menerapkan pembelajaran berbasis wisata Pendidikan (PBBWP) di sekolahnya.

Kegiatan pendampingan selama tiga bulan yang dimulai pada Agustus 2024 ini bertujuan untuk memberikan bimbingan dan dukungan kepada guru dalam penerapan PBBWP di sekolahnya.

Program ini didukung oleh Direktorat Penelitian, Pengembangan, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) pada tahun 2024.

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat UNW Mataram ini terdiri atas tim dosen UNW Mataram yang terdiri dari Marham Jupri Hadi, M.Pd, R. Didi Kuswara, M.Pd., dan Siti Wahyu Puji Anggraini, M.Pd. yang berkolaborasi dengan tim mahasiswa yakni Yuandar, M.  Sirojul Auzani dan M.  Syamsul Arifin.

PBBWP adalah pendekatan unik dan inovatif yang menggabungkan aktivitas pariwisata, pembelajaran, dan berbagi.

Program Wisata Pendidikan ini akan melibatkan siswa dan guru dalam membuat proyek pembelajaran di destinasi wisata di Kabupaten Lombok Timur.

Peserta akan dilibatkan dalam penelitian sejarah desa, pembuatan video dan poster promosi destinasi wisata, dan pengelolaan kegiatan Wisata Pendidikan yang melibatkan berbagai sekolah dan komunitas.

Workshop yang digelar baru-baru ini mempertemukan guru, siswa, dan kepala SMK Al Majidiyah NW Kesik.

Para peserta berdiskusi dengan narasumber mengenai rencana penerapan PBBWP serta berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai penerapan PBBWP di SMK Al Majidiyah NW Kesik.

Kegiatan tersebut juga melibatkan mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UNW Mataram.

Mahasiswa yang tergabung memperoleh pengalaman langsung dalam mengembangkan bahan ajar dan meningkatkan keterampilan mereka dalam perencanaan pembelajaran yang inovatif.

Program PBBWP bertujuan untuk mengintegrasikan wisata edukasi ke dalam proses pembelajaran, meningkatkan kesadaran dan keterampilan siswa.

Program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap mutu pendidikan di SMK Al Majidiyah NW Kesik dan menjadi model bagi sekolah lain untuk menerapkan pendekatan serupa.

“Kolaborasi ini merupakan bukti pentingnya inisiatif pemberdayaan masyarakat,” kata Marham Jupri Hadi, M.Pd., selaku Ketua pelaksana kegiatan Workshop.

Lebih lanjut, Marham juga optimis program ini dapat memberikan kontribusi berarti bagi pengembangan pendidikan di Lombok Timur.

“Kami yakin program ini tidak hanya memberikan manfaat bagi siswa SMK Al Majidiyah NW Kesik tetapi juga berkontribusi terhadap pengembangan pendidikan di daerah", tegasnya.

Ketua Yayasan Pondok Pesantren, guru serta siswa siswa SMK Al Majidiyah NW kesik menyambut baik kegiatan ini dan mengungkapkan implementasi pembelajaran ini sangat tepat bagi siswa siswi di sekolahnya.

"Program yang berbasis wisata pendidikan ini sangat relevan dengan program keahlian di SMK kesik, khususnya Multimedia", jelas ustad Awaludin.

Lebih lanjut, Salah seorang guru menyatakan bahwa pembelajaran luar kelas dalam bentuk wisata pendidikan sangat dibutuhkan oleh siswa-siswinya di program keahlian multimedia.

 "Program ini sangat dibutuhkan, jika hanya belajar di dalam kelas, mereka cenderung bosan", terang Fitriani.

Salah satu siswa peserta workshop juga mengapresiasi kegiatan ini dan mengaku bahwa program ini dapat memenuhi kebutuhan pembelajarannya serta dapat memotivasinya lebih aktif dalam belajar.

"Implementasi pembelajaran bisa menjadi alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang sekarang mulai menurun", pungkas Yunandar.

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat UNW Mataram akan berkomitmen terus melaksanakan pembimbingan, pendampingan dan evaluasi pelaksanaan agak program ini dapat berjalan sesuai harapan. 

Keberhasilan penerapan PBBWP diharapkan dapat memberikan dampak jangka panjang terhadap sistem pendidikan di Kabupaten Lombok Timur.

(Ria)

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close