Breaking News

Serba Serbi Semarak Kemerdekaan RI KE-79 di Pulau Lombok

Kontingen TPQ Fahmil Qur'an Wal Hadist dan Rumah Tahfiz An-Najiya Desa Selat Lobar saat ikut serta dalam Pawai Alegoris
ErakiniNews | Mataram, 20 Agustus 2024 -  Perayaan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan RI selalu identik dengan pelaksanaan upacara bendera.

Peringatan kemerdekaan tahun ini lebih berwarna dan bervariasi serta seluruh lapisan masyarakat  dari semua kalangan dan lini kehidupan mulai pemerintah pusat, daerah hingga karang taruna serta rumah tangga (RT) di desa dan dusun-dusun yang tersebar di seluruh wilayah Nusantara turut serta.

Semarak peringatan kemerdekaan tahun ini juga dirasakan masyarakat di Pulau Lombok.

Berbagai kegiatan digelar untuk menyemarakkan peringatan HUT RI di Lombok, seperti gerak jalan santai, karnaval, dan berbagai macam lomba yang diikuti oleh anak-anak hingga lansia.

Seluruh peserta tampak antusias, semangat dan senang mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang diadakan di tempat mereka, terlebih lagi jika keluar sebagai pemenang di setiap lomba dan pertandingan yang digelar.

Masyarakat Lombok Barat misalnya mengikuti gerak jalan tepat waktu tingkat pelajar SD, SMP dan SMA sederajat di Kecamatan Narmada, jalan sehat di Kantor Camat Lingsar dan Halaman Kantor Kementerian Agama Lobar.

Selain gerak jalan, yang selalu menjadi momen indah dan menyenangkan dalam merefleksikan perjuangan kemerdekaan RI dihelat juga pawai alegoris/ karnaval.

Karnaval hari kemerdekaan syarat makna dan selalu mengangkat berbagai tema diantaranya kebinekaan, persatuan, kebersamaan, adat istiadat hingga kehidupan bermasyarakat Lombok serta tema-tema unik dan nyentrik lainnya.

Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Lombok Barat digelar dengan karnaval di setiap desa.

Salah satunya Pawai Alegoris Desa Selat Lobar yang dilepas langsung oleh Camat Narmada, H. Sumasno, SE, MM.

Seluruh masyarakat di Desa Selat, semua instansi pendidikan di wilayah Desa Selat, yaitu MI NWDI Mercapa, RA NWDI Mercapada, SDN 1 Selat, SDN 2 Selat, semua jenjang pendidikan di Ponpes Hikmatussyarief NW Salut, dan sekolah lainnya di Desa Selat, karang taruna, salah satunya Merce Bajang Community, dan pendidikan non formal seperti TPQ An-Najiya dan Kampung Baca Pelangi Desa Selat turut aktif berpartisipasi.

Menariknya semarak karnaval ini disuguhkan berbagai atraksi hasil kolaborasi seni dan kreatifitas serta hiburan yang unik, memukau dan memanjakan mata semua penontonnya.

Selain karnaval, berbagai macam perlombaan juga digelar seperti lomba makan kerupuk, sendok kelereng, balap karung, tarik tambang son bakak/ keraro, hingga lomba keluper bebek dan memasukkan paku ke dalam botol.

Seperti yang diadakan oleh masyarakat di Desa Batu Kuta dan Desa Selat serta TPQ Fahmil Qur'an Wal Hadist dan Rumah Tahfiz An-Najiya Desa Selat Lobar yang beramai-ramai diikuti masyarakat sekitar.

Berbagai lomba juga digelar di Dojo Sidekarya Lobar yang diikuti oleh semua sinpay, semua anak didik dan atlet berprestasinya serta orang tuanya.

Beragam hadiah telah disiapkan panitia sejak beberapa hari yang lalu menambah antusiasme dan memacu semangat berlomba para peserta untuk meraih juara.

Tidak jauh berbeda dengan suasana peringatan kemerdekaan di kabupaten, semarak Kota Mataram memperingati kemerdekaan juga tampak dengan di gelarnya jalan sehat, senam sehat dan sepeda hias yang di lepas Bapak Lurah Taman Sari Ampenan, Dody Rupawan, S.Ag. MM. di dampingi Lalu Yusranullah, SH. Kaling taman Kapitan.

Selain itu juga terdapat Lomba dan bazar yang diikuti oleh warga lingkungan Taman Kapitan, selanjutnya dirangkai dengan kegiatan jemur bonsai dan klinik bonsai di gelar di jalan Majapahit Mataram.

Kegiatan ini diprakarsai oleh Komunitas Tanaman Hias Sadari Asri (Kota ASRI) pada Minggu (18/08).

Masyarakat Kabupaten Lotara juga tak kalah meriahnya memperingati hari kemerdekaan tahun ini.

Ribuan masyarakat Lotara hadir dan memenuhi Lapangan Tioq Tata Tunaq Tanjung~Lotara dalam rangka memeriahkan HUT Lotara ke-16 sekaligus peringatan HUT RI ke-79.

Pemda Lotara juga menggelar pawai alegoris, yang dilepas secara resmi oleh Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, SH, didampingi Ketua Dekranasda Lombok Utara Hj. Galuh Nurdiyah Djohan Sjamsu pada Minggu (18/08).

Acara tersebut diikuti oleh Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), Kecamatan, pelajar dari tingkat TK, SD, SMP, SMA/SMK serta masyarakat umum.

Dalam sambutannya, Bupati Lotara menyampaikan berbagai kegiatan telah dilakukan dan pawai alegoris ini adalah acara puncaknya.

Lomba pawai alegoris ini mencerminkan kekompakan dan keragaman yang dimiliki masyarakat Lombok Utara supaya tetap menjaga kekompakan.

Kemeriahan acara terlihat dari antusiasme ribuan warga yang memadati Lapangan umum Tioq Tata Tunaq, beragam busana dan aksesoris yang digunakan oleh peserta pawai, sehingga memancing sorakan dan tawa ceria dari masyarakat yang menyaksikan.

Kemeriahan perayaan HUT RI ke 79 di Kabupaten Lotim juga tak kalah serunya.

Gelaran gerak jalan indah membuka rangkaian kegiatan 17 Agustusan di Kabupaten Lotim yang berlangsung meriah pada Minggu (18/08).

Acara ini dihadiri oleh Pj. Sekda H. Hasni, jajaran Forkopimda, kepala OPD, dan masyarakat Lombok Timur. 

Lomba Gerak Jalan yang dilepas langsung oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Lotim, Asrul Sani ini diikuti oleh seluruh pelajar tingkat SD/MI/ Sederajat di Lombok Timur dengan rute start dari PTC Pancor dan finish di Tugu Selong. 

Kegiatan Gerak Jalan ini adalah pembuka dari rangkaian kegiatan HUT RI di Kabupaten Lombok Timur, yang akan diisi dengan berbagai acara menarik lainnya seperti lomba marching band, karnaval, gerak jalan tepat waktu, lomba penyuluhan, parade gendang beleq, kejuaraan atletik pelajar, sepeda motor hias, napak tilas, senam merah putih, dan lomba desa solah inges.

Semua kegiatan tersebut bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan dan meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan masyarakat Lotim. 

Dengan semangat yang ditunjukkan dalam gerak jalan ini, diharapkan seluruh masyarakat Kabupaten Lombok Timur dapat terus menjaga semangat kebersamaan dan cinta tanah air, serta menjadikan momen peringatan kemerdekaan ini sebagai refleksi untuk membangun daerah yang lebih maju dan sejahtera.

Kemeriahan kemerdekaan juga dirasakan masyarakat di Kabupaten Loteng dengan gelaran berbagai kegiatan yang berbeda dari kabupaten/ kota lainnya di Pulau Lombok.

Pemda Loteng menggelar acara Car Free Night di Kota Praya pada Sabtu malam (17/8/2024).

Kegiatan yang bertajuk Tasyakuran HUT ke 79 RI ini dihadiri oleh ratusan pengunjung dan puluhan produk UMKM yang menjajakan produk mereka dengan berjejer di sepanjang Jalan Gajah Mada Jalan Ahmad Yani Kota Praya~Loteng.

Masih dari Kabupaten Loteng, Warga Desa Prako Kecamatan Janapria Loteng yang bekerjasama dengan Komunitas Pencinta Kambing di NTB, mengelar kontes kambing etawa se~Pulau Lombok.

Ratusan kambing dari beberapa kabupaten turut serta dalam kontes ini.

Kriteria penilaian pada kontes kambing seni peranakan etawa ras kaligesing yang dipelopori oleh Komunitas Peternak Kambing (KPK) Lombok Bersatu NTB ini meliputi keindahan, perawatan dan kesehatan kambing.

Tujuan kontes ini untuk membangkitkan gairah masyarakat untuk beternak kambing etawa guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Semua rangkaian kegiatan perayaan hari kemerdekaan tahun ini, diharapkan tidak hanya menjadi ajang perayaan semata, tetapi menjadi momentum dalam memperkuat persatuan dan kesatuan masyarakat untuk membangun desa dan bangsa.

(Ria)

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close