Breaking News

Mahasiswa KKN Universitas Mataram Berikan Pelatihan Budidaya Lebah Trigona untuk Meningkatkan Potensi Wisata di Lembah Bakiq, Desa Lendang Nangka Utara

Lombok Timur (ErakiniNews),  11 Juli 2024 - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Mataram (UNRAM) menggelar pelatihan Budidaya Lebah Trigona di Desa Lendang Nangka Utara, Lombok Timur. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan potensi wisata di daerah tersebut, khususnya di kawasan Lembah Bakiq. 

Lebah trigona, dikenal sebagai lebah tanpa sengat, memiliki potensi ekonomi yang menjanjikan. Madu trigona memiliki nilai jual tinggi dan digemari oleh wisatawan. Selain itu, budidaya lebah trigona juga dapat membantu menjaga kelestarian lingkungan .

Pelatihan ini dilaksanakan dengan menggandeng Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan didanai oleh kementerian tersebut. Serta bersama dosen pembimbing lapangan dari Universitas Mataram dan Universitas Gunung Rinjani yakni Dr. Ir. Ni Wayan Sri Sualiartini, S.P., M.P., Pande Komang Suparyana, S.TP., M.Agb., dan Rini Endang Setyowati, S.P., M.Agb.

Pak Januardi atau yang kerap kali disapa pak Aang selaku ketua kelompok peternak Lebah   Pendua, yang berlokasi di Desa Kayangan, Lombok Utara. Menjadi pemateri dalam pelatihan Budidaya Lebah Trigona ini. Adapun Pelatihan yang diberikan mengenai pembuatan stup, splitting koloni trigona, dan penyampaian materi tentang sumber pakan dari lebah trigona yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan para pengelola wisata Lembah Bakiq. Pelatihan ini difokuskan kepada para anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) sebagai pengelola wisata Lembah Bakiq dan juga Karang Taruna Prabu Rinjani. 

“Melalui pelatihan ini, kami ingin membekali para anggota Pokdarwis dengan pengetahuan dan keterampilan dalam budidaya lebah trigona, sehingga mereka dapat menjadikannya sebagai daya tarik wisata baru di Lembah Bakiq”  Ujar Mahalli Fiqri sebagai Ketua KKN PMM Universitas Mataram. 

Lembah Bakiq merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di Desa Lendang Nangka Utara. Area ini akan difokuskan menjadi salah satu tempat pelaksanaan program kerja utama dari kegiatan KKN PMM Universitas Mataram dan Universitas Gunung Rinjani. Pengadaan lebah madu trigona nantinya akan menjadi salah satu atraksi wisata yang dapat menarik minat pengunjung  Lembah Bakiq.

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, para anggota Pokdarwis dapat mengimplementasikan ilmu yang telah mereka dapatkan dalam budidaya lebah trigona di desanya. Hal ini akan mendukung pengembangan wisata di Lembah Bakiq dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Lendang Nangka Utara.


Penulis: Baiq Annisa, Program Studi Ilmu Komunikasi. KKN PMM Unram Tahun 2024

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close