Breaking News

Polisi Datang Amak Jumat Gotong Royong Dihari Jumat 7/6/2024. Pendakian Senangi Pegadungan, Sambik Elen Lombok Utara

Warga gotong royong perbaiji jalan akses yang rusak agar bisa dilalui
LOMBOK UTARA (ErakiniNews), Senange Dusun Pegadungan Ds. Sambik Elen, Kec. Bayan Kab.Lombok Utara, merupakan daerah yg terpencil dari jln Besar KLU,

Karena kurang perhatian pemerintah maka Jalannya memprihatinkan,  Selain menanjak jalannya juga masih berupa makadam/ tanah bebatuan tajam dan  tidak efektif utk mobil, dan bila Hujan dipastikan mobil maupun motorpun akan sulit lewat disana.

Desa Senange merupakan kampung warga beragama Hindu dan Muslim, berada di kaki gunung Rinjani dengan ketinggian sekitar 600-700 MDPL, jumlah masrakatnya perkiraan sekitar 50  KK,dimana kehidupan mereka di dapatkan dari beternak dan dari hasil kebun bertani dan berkebun (Pisang, Kopi, cengkeh Coklat serta sebagian besar sebagai Folter jasa pengangkut barang ke Rinjani. 

Dan kususnya bagi yang beragama hindu setiap upacara sakral Mulang pekelem di Segara Anak Rinjani , biasa melalui  jalan Senanga Pegadungan tersebut.

Dusun Pegadungan Senange ini sebenarnya berpotensi besar untuk pemajuan Pariwisata , baik Mendaki maupun turun dari Rinjani. 

Sebab jalurnya tidak begitu ektreem,landai sejuk dan di perjalnan banyak sumber mata air.

Bagi pendaki lanjut usia kisaran umur 65 tahun keatas, sangat cocok melalui tempat ini, 

Karena saya sudah sekitar 20 Tahun jadi Folter pengangkut barang para pendaki Imbuh KETUT PUTRA YASA / Ketut Kiul, 

Maka sepatutnya pemerintah Daerah KLU, memperhatikan infrastruktur jalan ditempat ini, 

Namun karena Pemerintah Kabupaten KLU sampai saat ini tidak pernah memperhatikan jalan di tempat ini, Bupati KLU sudah dua kali datang ketempat ini,

Seperti Ungkap Kadus Mulyadi Bupati janji mengaspal jalan ini, namun ternyata JANJI DONGENG saja, 

AMAK JUMAT yang kali ini Gotong Royong di jari JUMAT , saat ditanya seraya tersenyum Tetep semangat dan Sabar.

Mungkin dana bupati lagi dipakai hal lain seperti Pencalonan Bupati yang akan datang ini, imbuh KETUT KIUL, yang suaranya nyarinh terdengar pada saat pengambilan Fidio gotyong.

KETUT KIUL menambahkan , ada dua babin Polsek Bayan an.JUFRI & BUDI SETIAWAN hari ini turun berpartisipasi  Gotong Royong, 

Warga Hindu muslim disini semangat Gotong Royong sumbangkan tenaga maupun uang seadanya demi baiknya jalan, Sambil berharap pemerintah datang memperbaiki jalan ini. Untuk itu saya mengetuk jati Teman2 Pendaki  mau yang perduli utk sekedar menyishkan sedikit rupiahnya utk rabat Jalan di Dusun Pegadungan Senange, dengan harapan kita rakyat terpencil ini memilki akses jalan transfortasi yang baik, dan tidak ada lagi kendaraan yang rusak, Ibu melahirkan dijalan, anak2 yang kakinya terluka oleh tajamnya bebatuan jalan, serta tidak ada kendaraan yang mudah rusak dan pecah ban bila melalui jalan ini.

Untuk satu pintunya donasi sukarelawan kami telah sepakati dikoordinir oleh an. IWAYAN TISTA KARYA : Bank BRI 468901018358538.

Imbuh KETUT KIUL : 

Bantuan Uang seribu Sdr semuanya sangat kami butuhkan, dari pada tidak ada sama sekali, seraya mengucapkan: 

Kami masih semangat Gotong royong, Gotong royong Yo.....  (*)

E_01

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close