Breaking News

WNI Di Arab Saudi Antusias Gunakan Hak Pilih Hari Ini 9 Februari 2024

Mekah SAUDI ARABIA (ErakiniNewsmCom), -  Tepat Hari Ini 9 Februari 2024 Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Jeddah melaksanakan pemungutan  suara Pilpres dan Legislatif khusus Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di wilayah Jeddah Arab Saudi. 


Di gelar usai Sholat Jumat tepat Pukul 02:00 Waktu setempat, pelaksanaan pencoblosan, digelar  di beberapa Hotel - Hotel di Mekkah, salah satunya digelar di Hotel Toyib Jeddah. 


Sebelumnya KPU RI menetapkan waktu dan jadwal Pemilu Luar negri Khusus di Wilayah Jeddah Arab Saudi dijadwalkan mundur , dari yang sebelumnya ditetapkan  10 februari diubah menjadi 9 februari 2024, tepatnya hari ini Jumat 9 Februari. 


Dilaporkan , Syukron salah satu WNI yang bekerja dijeddah Arab Saudi kepada Nesiapost menyampaikan syarat untuk mendapatkan kertas coblos yakni dengan memperlihatkan Paspor dan KTP Aktif, pihak Panitia juga akan mengecek keaslian identitas sebelum menggunakan hak pilihnya dibilik kotak suara. 


" Bagi WNI yang akan mencoblos harus menunjukkan identitas yakni paspor dan KTP Asli kepada Panitia Pemungutan suara sebelum memperoleh surat suara, " Ujar Syukron, Jumat, (09/02/2024). 


Sementara akses hak suara khusus WNI  yang sedang melaksanakan ibadah umroh, dimungkinkan tidak dapat memberikan hak suaranya, khususnya yang umroh tepat 14 februari 2024 sesuai jadwal pemilu untuk wilayah Indonesia. 


Kepada salah satu media online KPU RI Hasyim mengatakan, kemungkinan tersebut selain keterbatasan surat suara , Panitia Pemilih Luar Negri (PPLN) hanya menyediakan Surat suara sesuai jumlah hak suara yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN) di Arab Saudi.


 Diketahui, tercatat Jumlah WNI yang masuk dalam DPTLN di Arab Saudi sebanyak 54.479 orang. KPU juga menyiapkan surat suara cadangan sebanyak 2 persen dari jumlah pemilih dalam DPTLN untuk WNI yang belum terdaftar.


“Tetapi kami prioritaskan untuk pemilih yang terdaftar di DPT,” tutur Hasyim, Di Kutib radarsukabumi. Com (06/02).


Pewarta: Syukron

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close