Breaking News

Upacara Melasti Pujawali Pemaksan Saren, Polsek Pagutan Berikan Pengawalan




MATARAM (ErakiniNews) - Melaksanakan pengamanan kegiatan Melasti dalam rangka Pujawali Pura Pemaksan Saren dari Pura Pemaksan Saren, Polsek Pagutan memberikan prioritas pengawalan sebagai pelayanan kepada masyarakat antisipasi gangguan keamanan dari Kelurahan Pagesangan Barat Mataram menuju Pantai Loang Balok Kelurahan Tanjung Karang Sekarbela Kota Mataram. Senin, (07/11)


Kapolresta Mataram melalui Kapolsek Pagutan Iptu I Putu Sastrawan SH mengatakan bahwa  pengamanan dan pengawalan terhadap rangkaian kegiatan Melasti dalam rangka pujawali pura pemaksan Saren oleh personil Polsek Pagutan dengan melibatkan 10 personel.


" Rangkaian kegiatan melasti tersebut dilaksanakan oleh umat Hindu Pura Pemaksan Banjar Saren Kelurahan Pagesangan barat diikuti sekitar 500 umat Hindu dengan penanggung jawab Sdr. Ketut pariasta Ketua Banjar Saren dan Kepala Lingkungan Saren I Nengah Rukiada ", ucap Iptu Sastrawan 


Adapun rangkaian dari kegiatan Mesucian tersebut umat hindu peserta Mesucian berkumpul di halaman pura yang kemudian keluar dr Pura Pemaksan dengan berjalan kaki dengan membawa  ornemen pura berupa bendera, umbul umbul, dan alat musik bale ganjur menuju Pantai Loang balok Kelurahan Tanjung Karang, kata Iptu Sastrawan.


Sedangkan untuk rute yang dilalui Start Pura Pemaksan Banjar Saren Kelurahan Pagesangan Barat ke arah barat jalan Sultan Kaharuddin - Simpang 4 tanjung karang Keselatan- Jl dr Soejono mengarah ke panitai Loang balok Kelurahan Tanjung Karang.


Lebih lanjut Iptu Sastrawan menjelaskan bahwa di pantai Loang balok KelurahanTanjung karang dilaksanakan Ritual Melasti dan persembahyangan bersama dalam rangka pujawali selanjutnya kembali ke Pura Pemaksan Saren dengan rute yang sama.


Seluruh rangkaian kegiatan selama pengawalan dilaksanakan berjalan aman dan kondusif serta arus lalin dapat berjalan lancar. (E_Nirwanatun)

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close